Dalam ilmu ekonomi, secara luas
konsumen di definisikan sebagai pengguna barang ataupun jasa. Sedangkan pasar
juga dapat diartikan sebagai tempat bertemunya antara pembeli dan penjual yang
menawarkan barang ataupun jasa sehingga terjadi proses jual beli.
Tidak lepas dan karakter individu
konsumen, namun perilaku tersebut juga muncul karena gaya komunikasi produk,
image building, trend an beragam hal lainnya. Namun ada benang merah yang bisa
ditarik dan beragam konsumen yang ada dan dikelompokkan menjadi satu konsumen
dengan ciri tertentu. Penggolongan konsumen berdasar ciri-ciri tertentunya
sering disebut dengan perilaku konsumen.
konsumen memiliki karakter dan
perilaku yang berbeda tergantung dan beragam aspek. Pasar di dunia modern
semakin luas pengelompokannya, namun masih tetap bisa dikenali dengan
pengelompokan pasar berdasar ciri-ciri tertentu.
Seringkali pengelompokan pasar ini
disebut sebagai segmentasi pasar yang sangat berguna bagi para manager
pemasaran untuk menjual produk ataupun jasanya pada pasar yang sesuai. Untuk
itu penting sekali bagi para akademisi terlebih-lebih bagi para praktisi untuk
mengenal segmentasi pasar dan perilaku konsumen pada pasar tersebut agar barang
ataupun jasa yang akan ditawarkan bisa diterima dengan baik.
Maka makalah ini akan membahas
secara umum mengenai hubungan antara perilaku konsumen dengan segmentasi pasar.
Dengan hal ini saya akan memberikan mengapa Perusahaan Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical melakukan segmentasi.
Alasan mendasar perusahaan Asiasejahtera Perdana
Pharmaceutical meluncurkan minuman energy
dengan produk KRATINGDAENG melakukan
segmentasi pasar adalah, karena konsumen memiliki perbedaan kebutuhan dalam
setiap produk dan oleh sebab itu konsumen akan memberikan reaksi yang berbeda
untuk setiap produk yang ditawarkan kepadanya dan perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan
meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi
perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif . Produk
KRATINGDAENG dapat memperoleh manfaat maksimum dengan mengembangkan produk yang
dapat memenuhi kebutuhan segmen pasar tertentu dibanding dengan memperkenalkan
satu jenis produk untuk konsumsi massal. Dalam pengaplikasian segmentasi pasar
KRATINGDAENG , diperlukan dua komponen dasar, yaitu strategi dan analisis.
Strategi pasar dimaksudkan untuk mengarahkan kegiatan pemasaran pada segmen
yang dipilih atas dasar kebutuhan dan karakteristik tertentu dari konsumen.
Sedangkan analisis segmentasi pasar dimaksudkan untuk menentukan target atau
sasaran pasar pada segmen yang dipilih. Ini berarti strategi dan analisis harus
ditentukan lebih dulu sebelum strategi pemasaran dapat dilaksanakan. Selain
itu, manfaat lain yang dapat diperoleh dengan melakukan segmentasi pasar,
antara lain:
1. Produk KRATINGDAENG akan dapat mendeteksi secara
dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan
dalam pasar yang senantiasa berubah.
2. Dapat
mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat
menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4. Dapat
mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen
yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5. Dapat
digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode
dimana reaksi pasar cukup besar.
6. Dapat
membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
7. Dapat
digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
8. Dapat
digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
9. Dapat
digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
Perusahaan Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical KRATINGDAENG yang
melakukan segmentasi pasar akan berusaha mengelompokkan konsumen kedalam
beberapa segmen yang secara relatif memiliki sifat-sifat homogen dan kemudian
memperlakukan masing-masing segmen dengan cara atau pelayanan yang berbeda.
Dalam hal ini perusahaan minum berenergi KRATINGDAENG melakukan segmentasi
menggunakan segmentasi Demografi yaitu penjualan produk kratingdaeng
ditujukan untuk para penduduk di Negara maju maupun berkembang yang mulai
memberikan perhatian lebih terhadap minuman suplemen guna meningkatkan daya
tahan. Kratingdaeng tidak menetapkan wilayah sasaran geografik. Dapat melayani
semua segmen pasar. Untuk mendukung keberadaan barang kratingdaeng banyak
menyebar dipasar-pasar eceran dibandingkan pedagang besar sehingga produk
KRATINGDAENG mudah dituju oleh konsumen dimanapun berada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar